Andiguru’s

belajar terus, terus belajar, guru masa sekarang dan masa depan

Menikmati Kritik Dan Celaan 22 Desember 2008

Menikmati Kritik Dan Celaan

AAGYM

 

Kejernihan dan kekotoran hati seseorang akan tampak jelas tatkala dirinya ditimpa kritik, celaan, atau penghinaan orang lain. Bagi orang yang lemah akal dan imannya, niscaya akan mudah goyah dan resah. Ia akan sibuk menganiaya diri sendiri dengan memboroskan waktu untuk memikirkan kemungkinan melakukan pembalasan. Mungkin dengan cara-cara mengorek-ngorek pula aib lawannya tersebut atau mencari dalih-dalih untuk membela diri, yang ternyata ujung dari perbuatannya tersebut hanya akan membuat dirinya semakin tenggelam dalam kesengsaraan batin dan kegelisahan.

 

 

Lain halnya dengan orang yang memiliki kejernihan hati dan ketinggian akhlak. Ketika datang badai kritik, celaan, serta penghinaan seberat atau sedahsyat apapun, dia tetap tegar, tak goyah sedikit pun. Malah ia justru dapat menikmati karena yakin betul bahwa semua musibah yang menimpanya tersebut semata-mata terjadi dengan seijin Allah Azza wa Jalla.

 

Allah tahu persis segala aib dan cela hamba-Nya dan Dia berkenan memberitahunya dengan cara apa saja dan melalui apa saja yang dikehendaki-Nya. Terkadang terbentuk nasehat yang halus, adakalanya lewat obrolan dan guyonan seorang teman, bahkan tak jarang berupa cacian teramat pedas dan menyakitkan. Ia pun bisa muncul melalui lisan seorang guru, ulama, orang tua, sahabat, adik, musuh, atau siapa saja. Terserah Allah.

 

Jadi, kenapa kita harus merepotkan diri membalas orang-orang yang menjadi jalan keuntungan bagi kita? Padahal seharusnya kita bersyukur dengan sebesar-besar syukur karena tanpa kita bayar atau kita gaji mereka sudi meluangkan waktu memberitahu segala kejelekkan dan aib yang mengancam amal-amal shaleh kita di akhirat kelak.

 

 

Sahabat, bagi kita yang berlumur dosa ini, haruslah senantiasa waspada terhadap pemberitahuan dari Allah yang setiap saat bisa datang dengan berbagai bentuk.

 

Ketahuilah, ada tiga bentuk sikap orang yang menyampaikan kritik. Pertama, kritiknya benar dan caranya pun benar. Kedua, kritiknya benar, tetapi caranya menyakitkan. Dan ketiga, kritiknya tidak benar dan caranya pun menyakitkan.

 

Bentuk kritik yang manapun datang kepada kita, semuanya menguntungkan. Sama sekali tidak menjatuhkan kemuliaan kita dihadapan siapapun, sekiranya sikap kita dalam menghadapinya penuh dengan kemuliaan sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Karena, sesungguhnya kemuliaan dan keridhaan-Nyalah yang menjadi penentu itu.

 

Allah SWT berfirman, “Dan janganlah engkau berduka cita karena perkataan mereka. Sesungguhnya kekuatan itu bagi Allah semuanya. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Yunus [10] : 65)

 

Ingatlah, walaupun bergabung jin dan manusia menghina kita, kalau Allah menghendaki kemuliaan kepada diri kita, maka tidak akan membuat diri kita menjadi jatuh ke lembah kehinaan. Apalah artinya kekuatan sang mahluk dibandingkan Khalik-nya? Manusia memang sering lupa bahwa qudrah dan iradah Allah itu berada di atas segalanya. Sehingga menjadi sombong dan takabur, seakan-akan dunia dan isinya ini berada dalam genggaman tangannya. Naudzubillaah!!!

 

Padahal, Allah Azza wa Jalla telah berfirman, “Katakanlah, Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan. Engkau berikan kerajaan kepada orang Kau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Kau kehendaki. Engkau muliakan yang Kau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Kau Kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali ‘Imran [3] : 26)***

 

 

55 Responses to “Menikmati Kritik Dan Celaan”

  1. Mukhasin Says:

    Selamat atas tayangnya blogger ini, bagus terus maju.

  2. andiguru Says:

    makasih

  3. Eva Rodhiani Agustina Says:

    saya mahasiswa AKTA IV. terima kasih atas tulisan ini

  4. yulianti Says:

    SY YULIANTI(PSBPAI MNGGU) SLMT ATAS ONLINE NYA BLOG INI,TP SY HRP ISNYA LBH BNYK LG N VARIATIF. TANGGAPAN TUK TULISAN AA GYM MMNG TUK SAAT INI BNYK ORNG HNYA BSA MENGKRTK TP TDK MAU D KRTK N DNGN ADANYA TLSN INI ORNG MNGKN JD BS MNRM KRTKAN

  5. adawiyah(PSBPAI sabtu) Says:

    saya bu adawiyah , selamat atas terbitnya blog ini semoga dengan adanya blog ini saya tetap bisa belajar dari bapak jika nanti saya sudah tidak kuliah lagi dengan bapak. semoga bolg ini dapat terus maju dan isinya juga lebih ditingkatkan agar banyak informasi yang bisa saya dapatkan. terima kasih

  6. neneng rita(PSB PAI sabtu) Says:

    selamat atas tayangnya blog ini , terus maju dan semoaga melalui blog ini saya tetap bisa bersilaturrahim dengan bapak. dan terima kasih atas tulisan ini.

  7. abdul qodir Says:

    pak bagaimana cara/kiat kita untuk menyikapi kritikan atau celaan?!!!apakah jika kita di cela dosa kita berkurang pak

  8. Marwanih (PSBPAI Minggu) Says:

    Baapak saya ibu Marwani, Selamat atas terbitnya blog ini.
    Semoga dengan adanya blog ini dapat bermanfaat buat kita semua, karena menurut saya isi atau informasinya sangat bagus dan dapat memberikan motifasi kita terutama dalam menghadapi kritik dan celaan. Dan harapkan lebih di perbanyak atau ditingkatkan lagi isi-isi yang bermanfaat seperti ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan terima kasih.

  9. -vat- Says:

    AssWrWb..
    Af1 Pak,Vatma mampir sebentar di Blog Bpk,
    Tak banyak yang bisa dikomentari..
    Subhanallah..sekali jika setiap orang bisa menerima kritikan dengan berlapang dada,dan jika ia paham dan mengerti bahwa kritikan yang diterimanya merupakan suatu keuntungan besar baginya untuk dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik..

    Tapi mengapa banyak orang justru memandang kritikan bagaikan sebuah penghinaan bagi dirinya???

    Alangkah indahnya kehidupan ini jika semua orang mengangap kritikan bagaikan sebuah “keuntungan terbesar” untuk menjadi lebih baik

    “Orang yang tak mau menerima kritikan=orang yang tak mau membenahi diri”

  10. novi&vat Says:

    “Bentuk kritikan yang manapun datang kepada kita, semuanya menguntungkan. Sama sekali tidak menjatuhkan kemuliaan kita dihadapan siapapun, sekiranya sikap kita dalam menghadapinya penuh dengan kemuliaan sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Karena, sesungguhnya kemuliaan dan keridhaan-Nyalah yang menjadi penentu itu”.
    AssWrWb…
    Kami berharap semoga apa yang kami sampaikan disini termasuk kritikan yang benar dan dengan cara yang benar.
    Ada sedikit ganjalan dalam proses bimbingan pratikum penelitian ..sebelumnya kami berharap akan dibimbing step by step dalam penyusunan proposal penelitian baik secara teknis maupun isinya, sehingga pada saat kami melakukan penelitian yang sebenarnya, kami tidak mengalami kesulitan lagi.
    JUJUR, sampai saat ini kami masih dalam kesulitan menyusun proposal penelitian tsb.karena kami tidak ingin membuat proposal yang asal-asalan,dengan menyontek dan mengutip dari proposal lain.

    pak, jika tidak keberatan kami berharap lebih di arahkan …

    Trim’s wassalam

  11. Erie siti syarah (Prog. PAUD, UMJ) Says:

    ass.wr.wb.Segala Puji Bagi Allah Yang Maha Sempurna.Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk dan membukakan hikmah bagi setiap kejadian. Intinya dari blog Bapak di atas adalah “bahwa seseorang tidak akan pernah jatuh harga diri/kehormatannya karena ucapan orang lain namun hal yang akan menjatuhkan kemuliaannya adalah ahlak dan prilakunya sendiri” …. semoga bangsa Indonesia ke depan akan mempunyai guru guru yang berahlak mulia dengan tujuan hidupnya hanya keridlaan Allah semata…. wass

  12. rahmayati Says:

    Rahmayati (FAI UMJ KLS KHUSUS )
    ass.wr.wb.Alhamdulillah saya bersyukur, dengan adanya Blog yang bapak tampilkan, hampir semuanya sangat sekali membantu saya dalam pembuatan proposal penelitian, maupun dalam pembuatan Skripsi. saya sangat berharap sekali bapak dapat menambah dan memperbanyak lagi kiat-kiat yang berhubungan dengan penelitian .Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kekuatan kepada kita semua Amin. terima kasih.Wass.

  13. rini Says:

    Setiap orang membutuhkan kritikan dan saran. Terkadang ada kelemahan manusia yang tidak diketahui oleh dirinya sendiri dan lebih memerlukan orang lain untuk mengetahuinya. Di dunia selalu ada dua pasangan antara perempuan dan laki-laki, positif dan negatif, siang dan malam demikian juga dimana dengan kritikan juga harus ada pujiannya. Benar banget kalo setiap kritikan harus dinikmati, sesuatu hal yang dinikmati tidak akan terasa menjadi beban.

  14. Sisca (PGSD UMJ) Says:

    Assalam. wr..wb..
    SayA sangat senang sekali membaca semua tulisan bapak yang ada di blog ini. Jujur..saya sangat terinspirasi sekali dengan bapak dalam menjalankan kehidupan ini, terutama di bidang pendidikan. Dan cerita2 bapak mejadi motivasi bagi saya dalam mecari ilmu pendidikan. Saya berharap bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak. Untuk itu sesuai dengan rumus(112) Statistika dari bapak, semoga dapat memberikan kekutan bagi saya dalam menghadapi kritikan dan saran yang saya hadapi nantinya. sukses selalu buat bapak,semoga bapak dan keluarga selalu di dalam lindunga-Nya, Amiiiien….wassLm.

  15. silvia harlena ( UMJ Cireunde ) Says:

    Assalamualaikum pak.
    terima kasih pak atas artikel tentang kritik ini.saya sudah baca semuanya.saya suka sekali ma artikel yang bpk buat.ini akan saya jadikan motivasi untuk diri saya.
    wassalamualaikum. wr. wb

  16. silvia harlena ( UMJ Cireunde ) Says:

    pak saya mahasiswi PGMI.

  17. Dede Safitri (PGMI/kls sore) Says:

    manusia memang memiliki byk kekurangan tp dsmpng itu manusiapun diberikan klbhn oleh allh dgn potensi yg dimiliki msng2. subhanallh indah rasanya jika qt bs menerima kritikan yg disampaikan dgn hati ikhlas serta introspksi diri untk mnjdi manusia yg lbh baik, trma ksh pak ats motivasinya

  18. nurhasanah (pgsd UMJ) Says:

    bagus pak isi blognya,, sangat bermanfaat untuk saya..
    terus menulis ya pak,

  19. ratna sari Says:

    terkadang manusia itu takut akan celaan,kritikan,dan pemasukan ntah apa yang membuat takut apakah mereka takut dengan menurunnya harga diri…… manusia tak pernah luput dengan kesalahan2 dengan adnya kritikan akan memberikan suatu perubahan dalam diri dan kehidupan. jadi jangan takut akan celaan yah………. innaallaha ma’ana amien.

  20. Riyati ( PGMI / kls sore ) Says:

    Terima kasih pak…atas blogny,ini sangat barmanfaat bagi saya.
    Semoga lebih maju lagi….

  21. Nurmalasari Masroh Says:

    ya benar pak, sebagai manusia kita tidak boleh takut menerima kritikan dan celaan dari orang lain.

    Menurut saya, kita harus melihat dari sisi mana kritikan dan celaan yang disampaikan, apakah membangun atau menjatuhkan?
    Apabila membangun, kita harus lapang dada menerimanya. Tapi kalau menjatuhkan, kita tidak boleh terpuruk, melainkan harus introspeksi diri.

    Artikel ini sangat bermanfaat pak.

  22. Nurmalasari Masroh (PAUD Al-Muin) Says:

    ya benar pak, sebagai manusia kita tidak boleh takut menerima kritikan dan celaan dari orang lain.

    Menurut saya, kita harus melihat dari sisi mana kritikan dan celaan yang disampaikan, apakah membangun atau menjatuhkan?
    Apabila membangun, kita harus lapang dada menerimanya. Tapi kalau menjatuhkan, kita tidak boleh terpuruk, melainkan harus introspeksi diri.

    Artikel ini sangat bermanfaat pak.

  23. rina aryani (PAUD AL-MUIN) Says:

    saya sangat setuju dengan pendapat bapak…,

    karena menurut saya kritik memang kadang menyakitkan hati, tapi itu hanya bagi orang-orang yang sombong dan merasa dirinya paling benar, tapi kritik akan sangat bermanfaat bahkan bisa menjadi modal untuk bangkit dan berusaha lebih maju lagi……..

    terimakasih …..

  24. pipihmurtapiah Says:

    Bagi saya kritik dan saran merupakan pemicu untuk melangkah yang lebih baik lagi.dan membuat kita intropeksi diri bahwa kita masih perlu orang-orang disekitar kita,yang mungkin mereka memperhatikan kita dan menginginkan kita lebih maju lagi….

    zjklh wasalam.pipih paud al-muin

  25. siti fariha Says:

    saran saya penyampaian materi sebaiknya sesuai dengan bidang yang kami geluti sebagai guru TK,misalnya bagaimana cara memberikan informasi,pengoprasian komputer kepada anak.
    terimakasih

    siti fariha.paud almuin

  26. umuhani Says:

    Kritik dan celaan rumlah dalam kehidupan tampa ada kritik dan celaan terkadang manusia tidak menyadari akan kelemahan dirinya.bagi yang mengeritik harus lebih bijak menyampaikannya,untuk yang dikeritik harus bisa berlapang dada.
    trims…umuhani paud al-muin.

  27. ibu_sufanah Says:

    komentar dari saya,dalam memberikan pembelajaran komputer untuk anak,agar lebih jelas dan mudah sebaiknya teori langsung di praktekkan dengan alat komputer agar dapat cepat dipahami oleh mahasiswa,

    terima kasih

    sufanah paud al muin

  28. lita nurlailah Says:

    smoga apapun kritikan itu akan dpt memotivasi qt mjdi lbh baik lg… amin

  29. Dari Anas r.a bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Berbahagialah orang yang tersibukkan dengan aibnya, sehingga ia tidak memperhatikan aib orang lain”. Riwayat al-Bazzar dengan sanad hasan. Dan dari Ibnu Mas’ud r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Barangsiapa menunjukkan (seseorang) kepada kebaikan, ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang melakukannya”. Riwayat Muslim

  30. NENENG LATIFAH Says:

    Ass..Wr Wb..

    Menurut saya isi dari BLOG ini sangat bermanfaat untuk kita sebgai guru dan banyak informasi yang kita dapatkan dari BLOG ini..,selamat atas hasil karya nya Bpk.Misriandi
    Semoga kami sebagai guru dapat mengikuti jejak langkah Pak Misriandi di masa depan..
    Terus Berkarya…

    Wass

  31. nurjamilah ,erni h ,ifat n PAUD al muin Says:

    Ass.WrWb
    Atas tampilan blog ini membuat kami menjadi lebih tahu bahwa kebutuhan utama manusia adalah dianggap penting dan dihargai. Dengan menerima kritik berarti kita menunjukan kepada si pemberi kritik bahwa kita mempunyai citra yang baik terhadap diri sendiri dan menyadari bahwa memberikan kritik atau pujian jauh lebih bermanfaat dari pada menerimanya.
    CAYOOOOOOOO……………….Mr Misriandi.

  32. linda lolita, mahmudah PAUD Al Muin Says:

    assalamualaikum wr.wb

    kritik dan celaan sangatlah lumrah di hadapi oleh manusia di muka bumi ini.apalagi kita sebagai mahluk yang lemah akan segala hal dan masih banyak kekurangan.namun tinggal manusianya saja yang mengartikan celaan dan kritikan tersebut.bisa saja kritikan menjadi hal yang membangun untuk lebih maju lagi,kearah yang lebih baik lagi untuk menuju kepada kesuksesan.dan kita senantiasa tidak melupakan sang khalik.wassalam……..

  33. Agustinawati -Tasuah PAUD AL MUIN Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Allah menciptakan manusia selalu berpasangan, ada siang-malam, ada laki-laki dan perempuan. Demikian pula dengan manusia ada baik dan ada yang jahat. Ada manusia yang mau menerima dengan ikhlas segala apa yang telah Allah berikan dan ada pula yang tidak ikhlas. Kritik dan saran pun bila kita tak dapat mencerna dan menyikapinya dengan baik akan menjadi masalah yang sangat berat buat kita.

  34. destiani (Paud tangerang_VII) Says:

    destiani (Paud tangerang_VII)
    alhamdulillah semoga dengan tulisan yang bapak buat di blog bapak membuka hati kita semua agar selalu bersyukur atas apa yang telah kita peroleh selama ini,dan lebih berlapang daqda bila menerima sebuah musibah.

    pak kalau bisa jam mata kulih computer untuk anak jam masuknya jam 11..
    karna sya harus mengajar terlebih dahulu…

    terimakasih

  35. widi kurniasih paud almuin Says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kritikan itu bagus untuk perbaikan diri,namun harus disampaikan secara bijaksana agar yang dikritik tidak salah paham dan mengerti bahwa kritikan ini untuk membawa kearah kemajuan.

  36. ihrom Says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Bersyukur sekali kalau kita ada yang mengkritik, berarti masih ada orang yang ingin kita maju. alangkah baiknya kritikan itu disampaikan secara langsung, agar yang bersangkutan tahu akan kekurangannya.

  37. andiguru Says:

    Asslamu’alaikum Wr. Wb
    Salam Perjuangan
    OK
    Makasih

  38. siti nurseha Says:

    ass….., good idea!
    setuju bgt, g smua kritikan itu bwt qt down, dg kritik manusia bs lebih hidup & dpt melihat diri dg menafakuri apa yg ada pd diri sendiri.
    dan…yg pasti qt smua bharap kritikan yg dtg pd qt itu ada at number one, kritiknya benar dan caranya pun benar.

  39. Tuti Herawati Says:

    ass..,,
    menurut saya kritik itu adalah membantu kita untuk membangun diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. orang yang menerima kritikan akan lebih maju lagi dan akan menambah ilmu pada pribadi kita.ok pak andi.wassalam

  40. wasi'ah Says:

    ass…, menurut saya kritik sangat penting agar kita dapat lebih baik lagi.karena kita tidak dapat memperbaiki diri tanpa adanya bantuan pandangan dari orang lain. ok. pak andi. wasssalam

  41. yayah sulhiyah (paud almuin) Says:

    kritik bg sy adalah suatu bantuan dr orng lain untk membantu kt untk mlaksanakan tujuan yg kt capai & lbh baik lg.ok.pak andi.wassalam

  42. nurbaeti,sitimaesaroh,jamilah,nurhaidah(paud almu'in) Says:

    ass…kami senang dengan ada nya blog bapak ini menurut kami suatu kritikan adalah suatu masukan yg membangun.yang bisa membuat diri kita lebih baik dan lebih maju.dan kita harus bisa menerima dengan hati yang lapang.semoga bapak dapat terus menampilkan karya/tulisan yang lebih baik. maju terus pantang mundur pak andi yeeeesssss………….wassalam

  43. Alatas Says:

    INsya Allah…
    adanya blog ini dpat menambah wacana intelektual kita semua…Amin

  44. atika rahmawati Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Kritikan dan Mengkritik merupakan suatu suasana dan kebiasaan yang akan diterima, terutama di negara Demokrasi.
    Sebelum jauh-jauh kita bicara negara demokrasi.Sungguh saya amat bangga sebagai seorang muslim,yang mana sudah lama kami diajarkan dalam kritik dan mengkritik seperti yang sudah dijelaskan dalam QS Al Ashr : 3, yang berbunyi “kecuali orang-orang yang beramal soleh dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesanan dengan kesabaran”.
    Sungguh ayat ini mengingatkan kita bahwa dalam menasehati (kritik dan mengkritik) dengan sebuah kebenaran dan kesabaran. Dapat menumbuhkan rasa saling sayang menyanyangi sesama umat.
    MAKA KITA HARUS KEMBALI KEPADA AL QUR’AN DAN AS SUNAH.
    Dengan kita kembali kepada kedua itu , maka akan menjadikan akhlaq yang mulia.
    Mengkritik dapat membangun bila dilakukan dengan iman, ilmu, bijaksana.
    Mengkritik dapat menjatuhkan bila itu tidak benar adanya.
    Kritik dapat menyakitkkan apabila keluar dari lisan yang tak pandai.
    Kritik dapat menyakitkkan bila didapati oleh hati yang sakit.
    Kritik akan menjadi fitnah bila tersebar dan terbuka sedangkan kebenaran si pelaku tidak melakukan.
    Kritik akan menjadi krupuk bila dicampur dengan bubur yang nikmat bila penyampai dan hati terjaga.
    Selamat menebarkan kebenaran dan kesabaran dengan hati yang ikhlas.
    Allahu Akbar.
    Wassalam.

  45. ike fauziah (Neng) Says:

    kayanya saya pernah marah dengan orang yang megkritik saya,, kalau sudah tahu seperti ini bahwa kritik itu penting sebetulnya untuk diri sendiri, jadi malu kalau inget yang dulu.. Astaghfirullah

  46. Hakim Ratih L (PAI I) Says:

    Alhamdulillah kiranya ada orang yang masih mau mengkritik kita..
    Artinya kita masih di perhatikan dan masih ada yang peduli dengan kita.

    Jarang ada orang yang langsung berlapang dada dan bertrimakasih jika di kritik seseorang, terlebih pada orang orang modern sekarang ini lebih mencari “muka” (Riya`) agar di puji orang ketimbang mau mencari (setidaknya) menerima kritik yang di tujukan ntuk dirinya.

    Begitu juga sebaliknya, jika diri kita yang di tuju oleh kritik, mungkin awalnya akan merasa agak kesal, namun alangkah lebih baiknya jika kritik itu kita terima & di pikirkan dengan akal yang jernih, hati yang tenang. Maka akan kita temukan di dalamnya sebuah pencerahan yang mana jika dapat kita refleksikan dalam kehidupan kita sehari hari, maka InsyaAllah kita akan menjadi seorang hambaNya yang lebih baik dari sebelumnya .

    Trimakasih pak atas ilmu yang bapak bagikan..
    InsyaAllah bermanfaat ntuk kehidupan saya,
    Wassalam 🙂

  47. Fitri Nuriyni UMJ Tangerang Says:

    kereeeeeeeeeeeeeeen pak…lanjutkaaaaaaaaannn…!! ^_^
    seneng deh bacanyaa……menyenangkan….:)

  48. Euis Aprianti Says:

    Kritikan untuk saya memang merupakan sesuatu hal yang penting. Pernah beberapa orang yang pernah bertanya kepada saya ” teman, bagaimana sikap atau perilaku yang saya miliki selama ini. Apakah ada kesalahan atau sesuatu yang perlu saya perbaiki?”. Saya pun menjelaskan sesuai yang saya tahu. Begitu juga saya pernah bertanya tentang diri saya kepada beberapa orang. Namun anehnya mereka selalu menjawab ” tidak ada sesuatu yang buruk”. Dari jawaban mereka terkadang suka marah, masa tidak ada hal buruknya.

    Lain halnya dengan orang yang begitu saja mengeluarkan kritikannya secara langsung. Ada yang perilaku baik maupun buruk sikap kita. Meskipun terkadang sebuah kritikan membuat saya minder dan tidak percaya diri. Meskipun begitu, untuk saya sebuah kritikan merupakan motivasi untuk menjadi lebih baik.

    Jangan pernah takut untuk menerima kritikan, karena itu merupakan motivasi untuk kita. Jika perlu kita rutin berapa kali dalam sebulan kita mengkritik dan meminta kritikan dari orang lain terutama orang terdekat kita.

    Subhanallah kita masih bisa diberi kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Insya Allah

    Terima kasih Bapak.

  49. irkha fauziah ( PAI I ) Says:

    assalam’alaikum . . .
    Insya Allah saya bisa menerima siapapun yang mengkritik saya, Walaupun terkadang saya merasa sedikit tersinggung . . .Namun saya ingin berterimakasih kepada smua ornag yang tlah mengkritik saya . . .karena dari kritikan itu saya bisa belajar untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri saya . . .trimakasih . . .
    wassalam. . .

  50. Rikha Fauziah ( PAI I ) Says:

    assalam’alaikum . . .
    Insya Allah saya bisa menerima siapapun yang mengkritik saya, Walaupun terkadang saya merasa sedikit tersinggung . . .Namun saya ingin berterimakasih kepada smua orang yang tlah mengkritik saya . . .karena dari kritikan itu saya bisa belajar untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri saya . . .trimakasih . . .🙂
    wassalam. . .

  51. panca ariani (PAI Smstr.1) Says:

    Emang enakan makan kripik daripada dikritik, gimana y@.. biar pas dikritik jadi Se-nikmat makan kripik?????

  52. ella yunita Says:

    kesiapan menerima kritik memang memerlukan jiwa besar dan rasa keikhlasan yang tinggi.dengan tulisan bapak, mengingatkan kita akan posisi kita sebagai seorang hamba, alangkan tidak sopannya kita, ketika tanpa sadar kita kadang memakai baju kebesaran Allah SWT yaitu rasa SOMBONG dan KESEMPURNAAN.Astaghfirullah….kita hanyalah manusia tempat salah dan lupa..

  53. Ariyani meta sari PAI 1 Says:

    Ass.Alhamdulillah setelah saya buka biog bapak ternyata sangat membuka pikiran saya, karena adanya blog bapak saya merasa harus berjiwa besar untuk menerima kritik dari orang lain dan pada dasarnya saya senang untuk dikritik tapi zaman sekarang orang tidak tau etika berbicara dan saya paling takut dengan mengkritik orang lain itu saja pak mksh ya pak dengan blog yang bapak berikan

  54. Assalamu’alaikum.Wr.W.b.
    Subhanallah sebuah tulisan dan materi yg penuh hikmah dan makna, yg memotifasi diri utk snantiasa brfikir positif,arif dan bijaksana dlm mensikapi segala persoalan dan permasalahan hidup. Khususnya dlm menerima dan menghadapi kritik. Namun adakalanya kritik tdk hanya skedar utk membangun ke arah yg baik, namun ada kalanya tdk d sampaikan dgn cara yg baik dan benar bahkan terkesan utk menjatuhkan.
    Insya Allah dgn kekuatan dan hanya berpegang teguh pada tali Allah dan dienul haq al-Islam kita dpt menerima dan mensikapinya dgn baik dan,arif dan bijaksana..smg dan tetap semangat ya pak..

  55. NENAH Says:

    Assalamualaikum.wr.wb

    Setiap kritik baik yg membangun maupun yg menjatuhkan martabat atau harga diri kita, kita jadikan acuan untuk memperbaiki sikap dan prilaku dalam pergaulan sesama manusia dan kita yakin bahwa dengan kritik atau celaan orang lain tidak akan jatuh tanpa seizin Allah.SWT.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s