Andiguru’s

belajar terus, terus belajar, guru masa sekarang dan masa depan

BAHAN PEDOMAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN 23 November 2013

Filed under: Uncategorized — andiguru @ 8:33 am

BAHAN
PEDOMAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MAHASISWA UMJ
BUTIR-BUTIR STANDAR DIKLAT
I. KOMPETENSI OUT-PUT
A. Berkepribadian Muslim
Indikator pencapaian;
1. Kemapuan Olah Pikir yang tercermin dari; cerdas, kritis, inovatif, ingin tahu dan berfikir terbuka. (Kerja Cerdas)
2. Kemapuan Olah Hati/Rasa yang tercermin dari; beriman, bertaqwa, amanah, adil, jujur, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, patang menyerah, peduli, ramah, santun, rapi, toleran, saling menghargai, gotong royong, nasionalis, bekerja keras relah berkorban dan berjiwa patriotic. (Kerja Ikhlas)
3. Kemapuan Olah Raga yang tercermin dari; tangguh, sehat, bersahabat dan sportif. (Kerja Kuat/Berat)

B. Berkomonikasi dengan baik,
Indikator pencapaian;
1. Kemampuan Bahasa Indonesia yang tercermin dari; diskusi, MC, moderator, narasumber, sambutan dll
2. Kemampuan Bahasa Arab
3. Kemampuan Bahasa Inggris

II. KURIKULUM
A. Mengenal diri sendiri
B. Mengenal Allah
C. Mengenal dunia

III. METODE DIKLAT
A. Pemberdayaan peserta melalui sistem kelompok;
B. Kegiatan secara mayoritas dilakukan di alam terbuka dengan program outbound training;
Outbound Training Programme adalah program yang untuk meningkatkan atau membangun sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri mahasiswa dalam suatu organisasi.
Tujuan Kegiatan Outbound :
1. Menumbuhkan sikap kepemimpinan dan keberanian dalam mengambil keputusan
2. Meningkatkan sportifitas yang dapat diterapkan dalam kegiatan kerja sehari- hari
3. Meningkatkan motivasi dalam kerjasama kelompok.
4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
5. Menumbuhkan komitmen pada norma yang disepakati
6. Menumbuhkan semangat berkompetisi dalam konteks untuk mencapai tujuan bersama
7. Membangun sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan permasalahan kerja
8. Melatih membuat perencanaan yang matang dan koordinasi tim yang rapi
9. Melatih kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit

C. Pendidikan dilaksanakan suasana yang menarik, menyenangkan, dan menantang
D. Penggunaan sistem kenaikan tingkat dan tanda kecakapan;
E. Sistem kelompok dan kegiatan terpisah antara mahasiswa dan mahasiswi.
F. Untuk kegitan rutin dalam rangka pemantapan, maka perlu pemanfaatan waktu lima menit sebelum dan 15 menit sesudah shalat lima waktu, termasuk pengaturan jadual shalat duha dan shalat tahajut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s