Andiguru’s

belajar terus, terus belajar, guru masa sekarang dan masa depan

ANAK BELAJAR DARI KEHIDUPAN 7 Januari 2009

Filed under: guru,pendidikan — andiguru @ 2:12 pm

ANAK BELAJAR DARI KEHIDUPAN

 

 

 

Jika anak dibesarkan dengan toleransi

Ia belajar menahan diri

 

Jika anak dibesarkan dengan dorongan

Ia belajar percaya diri

 

Jika anak dibesarkan dengan pujian

Ia belajar menghargai

 

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan

Ia belajar keadilan

 

Jika anak dibesarkan dengan rasa aman

Ia belajar menaruh kepercayaan

 

Jika anak dibesarkan dengan dukungan

Ia belajar menyenangi dirinya

 

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan

Ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan

 

4 Responses to “ANAK BELAJAR DARI KEHIDUPAN”

  1. jariyah Says:

    anak merupakan objek dari seorang guru,baik guru dirumah maupun di sekolah.seorang guru merupakan motivator dan personal yang ditiru.sebagaimana kata orang bijak seorang anak baik dirumah maupun disekolah bila dididik dengan kasih sayang,cinta,kepercayaan,kesabaran, keadilan,dan dimotivasi dengan baik maka akan tumbuh menjadi seseorang yang mandiri dan berakhlak.

  2. Devi Says:

    menurut para ahli psikologi, ada 3 lingkungan yang sangat berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan karakter seorang anak, yaitu : 1. Lingkungan sekolah,2. lingkungan masyarakat, dan 3. lingkungan keluarga.
    dari ketiga lingkungan ini, sejak dilahirkan lingkungan keluargalah yang pertama kali dikenal oleh seorang anak. oleh karena itu pertumbuhan dan pembentukan karakter si anak terjadi pertama kali didalam lingkungan keluarga. lingkungan keluarga juga menjadi benteng bagi seorang anak untuk menghadapi kehidupan, pergaulan dan pengaruh-pengaruh yang datang dari 2 lingkungan lainnya (masyarakat dan sekolah) kelak ketika nantinya ia bergabung.
    oleh karena itu sebagai orang tua haruslah membuat pondasi karakter yang kokoh untuk membekali si anak agar ia siap menghadapi tantangan. perilaku sehari-hari, cara bicara, yang mereka terima dan lihat dari orang tua mereka dan kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh orang tua mereka akan menjadi contoh dan tertanam dalam pikiran mereka.
    saya sangat setuju dengan pernyataan di atas, karena ibarat pepatah mengatakan, siapa menanam kebaikan maka akan menghasilkan kebaikan pula. ketika mendidik anak dengan penuh toleransi,rasa kasih sayang, selalu memberikan dorongan kepada anak selama itu baik dengan sedikit pujian serta memberikan rasa aman kepada anak,maka akan menghasilkan seorang anak yang tangguh, penuh tanggung jawab dan toleransi terhadap sesama juga memiliki rasa percaya diri untuk menghadapi tantangan di masa depannya kelak.

  3. Tuti Alawiyah PAUD Tangerang Says:

    Anak merupakan cikal bakal dalam kehidupan bangsa dan agama.Anak-anak sangat peka terhadap apa yang terjadi dilingkungan,maka kita sebagai orangtua harus pandai-pandai mengawasi dan menjaga buah hati kita tersebut karna baik dan buruknya prilaku anak tergantung bagaimana kita mendidiknya sebagai orangtua.

  4. Euis Aprianti Says:

    Saya setuju dengan pendapat diatas bahwa pembentukan karakter yang diterima seorang anak dipengaruhi oleh tiga faktor lingkungan: 1. keluarga 2. sekolah 3. masyarakat. Diantara ketiga faktor ini yang sangat mempengaruhi adalah lingkungan keluarga. Karena disini ada orang yang mempengaruhi yaitu orangtua. Jadi peran orangtua sangat penting untuk anaknya. Jika pengaruh atau motivasi yang diberikan baik, maka baik pula karakter yang dibentuk seorang anak. Seorang anak membutuhkan pendidikan, motivasi, dukungan, serta perhatian yang cukup.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s